Mpa Himalaya@2012. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Pendidikan Angkatan XV MPA HIMALAYA Tahun 2015-2016



Pendidikan MPA HIMALAYA


Pra pendidikan dasar merupakan salah satu kegiatan yang setia tahun rutin di adakan di MPA Himalaya. Mengingat pendidikan kita tidak melupakan esensi pendidikan yang sesungguhnya. Membentuk penerus yang berkualitas tentunya. Belajar disiplin, menghargai ciptaan tuhan yang lain, belajar bekerja sama dengan orang lain dan pembelajaran – pembelajaran lainya yang masih banyak lagi. Bicara soal pendidikan tidak lepas dari kemampuan fisik serta mental seseorang. Seseorang yang nantinya akan menjadi penerus generasi pencinta alam. Mengingat generasi pencinta alam abad 21 yang sudah banyak melenceng dari harapan ( mencintai alam sesuai hakikatnya ) . seperti perkataan nenek monyak pencinta alam yang saya kutip seperti berikut ini :
"Patriotisme tidak mungkin tumbuh dari hipokrisi dan slogan-slogan. Seseorang hanya dapat mencintai sesuatu secara sehat kalau ia mengenal objeknya. Dan, mencintai tanah air Indonesia dapat ditumbuhkan dengan mengenal Indonesia bersama rakyatnya dari dekat. Pertumbuhan jiwa yang sehat dari pemuda harus berarti pula pertumbuhan fisik yang sehat". ( soe hook gie )
Pra Pendidikn dasar MPA Himalaya tahun ini diadakan pada 28 November 02 Desember 2015 di Keskendo dan Limbangan Kab. Kendal dengan jumlah peserta 12 orang, 5 orang laki-laki dan 7 orang perempuan. Sebagian besar kegiatanya sama seperti pendidikan – pendidikan pradiksar tahun sebelumnya, RC dengan panjat tebingnya, caving dengan pengenalah masuk goa dan prusiking nya, gunung dengan perjalananya serta ppgd dengan penanganan pertama pada korbanya. Selain itu di sini juga membentuk keeratan sesama angkatan VX agar nantinya rasa persaudaraan mereka bisa utuh. Calon anggota Himalaya ini di harapkan natinya dapat meluruskan Pembengkokan yang pada awalnya di sengaja dan pada ahirnya menjadi kebiasaan yang membudaya di kalangan pencinta alam, karena tidak ada kata terlanbat untuk berkemajuan. 

DIKLATSAR MPA HIMALAYA 2016
Untuk menindaklanjuti kegiatan pradiklatsar maka dilakukan kegiatan diklatsar. Seleksi alam nampaknya terus berlangsung dengan berbagai macam hal dan alasan pada masing-masing calon anggota. Pada pradiklatsar calon anggota yang mengikuti kegiatan sebanyak 12 orang dan sekarang yang ikut pradiklatsar hanyalah empat orang. Tujuanya sama untuk Membentuk penerus yang berkualitas tentunya. Dalam diklatsar biasanya para calon anggota di beri doktrin tentang loyalitas dan solidaritas. Bayangkan jika setiap anggota tidak memiliki rasa loyalitas barangkali organisasi akan punah dalam beberapa tahun mendatang. Bayangkan jika setiap anggota tidak memiliki rasa solidaritas mungkin setiap saudara akan di tinggalkan ketika berkegiatan apalagi jika berkegiatan di alam seperti di gunung misalnya maka jika kita tidak punya rasa solidaritas bisa hancur organisasi kita. Pada pendidikan dasar ke-XV ini diikuti oleh empat peserta yaitu Adit (Jering), Anita (cengis), Isma (Sentrong) , Wahid (Walang). Dilaksanakan pada tanggal 12-22 pebruari 2016 di keskendo dan gunung Ungaran. Pendidikan kali ini tidak berbeda jauh dengan pendidikan tahun lalu. Tiga hari di keskendo untuk aplikasi materi goa dan panjat serta tujuh hari di gunung untuk aplikasi materi rimba gunung serta PPGD. Selain itu juga ada materi yang tidak tersirat yaitu berupa doktrin-doktrin yang diberikan oleh Tim Mental Ideologi tujuanya ajar calon anggota mampu menjadi anggota Mapala yang sesungguhnya.
Selain untuk meneruskan kepengurusan dalam pendidikan kali ini kami juga ingin penenur kami nantinya dapat menguasai materi kepencinta alaman serta menjadikan rasa-rasa kepencinta alaman di setiap kegiatanya. Seperti safety prosedur, loyalitas serta solidaritas.


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar