Mpa Himalaya@2012. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

PERTOLONGAN PERTAMA PADA LUKA BAKAR





Secara astronomis indonesia terletak di antara 6º LU – 11º LS dan 95º BT - 141º BT dengan hanya memiliki dua musim yaitu musim penghujan dan musim kemarau. Sudah menjadi rutinitas tahunan di indonesia ketika musim penghujan banjir dimana – mana begitu pula ketika musim kemarau tiba kebakaran hutan dan lahan gambut terjadi hampir di seluruh profinsi di indonesia. Total hutan dan lahan yang terbakar pada tahun 2015 tercatat sebesar 2.089.911 H dengan kerugian mencapai 20 M ( data terra modis 2015 ). Terbakarnya hampir seluruh gunung yang ada di pulau jawa juga menjadi sorotan penting yang sudah kita ketahui. Terdapat beberapa pendaki yang menjadi korban kebakaran gunung karena nekat mendaki saat kebakaran di musim kemarau 2015 lalu. Korban kebakaran tidak hanya terjadi di gunung saja banyak juga korban luka bakar karena berbagai faktor mengingat tingginya tingkat kebakaran di tahun 2015 baik kebakaran hutan, lahan gambut, ataupun kebakaran rumah yang di sebabkan konsleting listrik atau pun kebocoran gas. Maka dari itu penting bagi kita untuk mengetahui apa itu luka bakar dan apa saja penyebabnya sehingga saat kita menemukan korban dapat memberikan pertplongan pertama. Berikut penjelasanya. 
 
Luka bakar adalah kerusakan jaringan permukaan tubuh disebabkan oleh panas pada suhu tinggi  seperti api, air panas, listrik, bahan kimia dan radiasi yang menimbulkan reaksi pada seluruh sistem metabolisme. Berdasarkan derajat keparahan (luas luka dan kedalaman), luka bakar dapat dibagi menjadi luka bakar ringan, sedang dan berat. Luka bakar luas dan dalam, yang mengenai alat kelamin, sendi utama tubuh, telapak tangan dan kaki, daerah muka serta terdapat kecurigaan adanya panas yang terhirup ke saluran pernapasan atau pencernaan tergolong luka bakar berat.
Luka Bakar Derajat 1  ( Ringan )
Ciri-ciri : 
1. Kemerahan.
2. Yang terbakar epidermis.
3. Nyeri, terkadang ada bengkak.
Contohnya: luka bakar akibat paparan sinar matahari.
Luka Bakar Derajat 2 ( sedang ) 
Ciri-ciri : 
1. Lapisan epidermis dan bawahnya terbakar.
2. Luka bakar paling sakit (karena mengenai syaraf).
3. Bengkak dan terlihat gelembung pada kulit yang berisi cairan.
Contohnya: terkena percikan minyak panas.
Luka Bakar Derajat 3 ( tinggi )
Ciri-ciri : 
1. Lapisan yang terkena tidak terbatas, bahkan bisa sampai ke tulang.
2. Luka bakar paling berat, kulit akan kering bahkan sampai dengan gosong.
3. Mati rasa (karena syaraf ikut terbakar).

Berikut Pertolongan pertama pada luka bakar
  1. Prinsip pertama yang harus diingat adalah jangan panik dan segera menjauh dari sumber panas.
  2. Dinginkan bagian tubuh yang terkena luka bakar dengan air mengalir selama 10-20 menit. Tidak dianjurkan menggunakan air es ataupun menambahkan bahan lain seperti mentega atau kecap karena dapat mengiritasi kulit yang terbakar dan menyebabkan kerusakan jaringan lebih lanjut.
  3. Lakukan penilaian jenis luka bakar. Apabila dalam penilaian dilihat luka bakar tersebut tergolong ringan, lanjut dinginkan dengan air mengalir hingga 20 menit. Namun bila ditemukan bula pada luka bakar, segera bawa ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan luka lebih lanjut.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar